Minggu, 04 November 2012

Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi

1. Ciri – ciri Organisasi

Organisasi merupakan ilmu yang penting dan harus dimiliki setiap orang, karena pada dasarnya kegiatan yang memerlukan suatu organisasi tidaklah jauh dari kehidupan seseorang. Kegiatan organisasi dapat dimulai dari struktur yang sederhana dalam skala kecil misalnya keluarga sendiri hingga dalam struktur yang lebih rumit dan skala besar yakni pemerintah

Suatu Organisasi dapat dicirikan sebagai berikut :
  1. Adanya Komponen (Atasan dan bawahan)
  2. Adanya Kerjasama (Cooperative yang berstruktur dari kelompok orang)
  3. Adanya Tujuan
  4. Adanya Sasaran
  5. Adanya ketertarikan format dan tata tertib yang harus di taati
  6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
2. Unsur – Unsur Organisasi

Organisasi sendiri terbentuk oleh beberapa unsur yang saling berintegrasi dan tidak bisa berdiri sendiri sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. Unsur – unsur organisasi yang saling berkaitan sendiri yaitu :

A. Man (orang)
Man dalam organisasi sering disebut pegawai, pegawa terdiri dari semua anggota di suatu organisasi memiliki perbedaan berdasarkan fungsi, tingkatan. Manager yang memimpin suatu unit atau department yang bekerja sama dengan pegawai yang memiliki fungsi yang berbeda.

B. Kerjasama
Kerjasama pada organisasi diperlukan untuk mempermudah suatu tugas, kerjasama merupakan kegiatan atau perbuatan saling membantu yang dilakukan bersama untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama dilakukan semua warga menurut tingkatan yang dibedakan dari administrator, manager dan pekerja secara bersama bersatu menjadi suatu kekuatan manusia.

C. Tujuan Bersama
Tujuan atau sasaran yang harus dicapai dari suatu organisasi merupakan gambaran apa yang akan diharapkan. Tujuan merupakan garis finis dari apa yang harus dikerjakan. Tujuan harus dicapai dengan proses yang sesuai dengan prosedur, program, jaringan atau pola, kebijakan, strategi, budget, dan regulation atau peraturan yang telah ditetapkan.

D. Peralatan
Unsur penting berikutnya adalah peralatan yang terdiri dari sarana, materi, uang, gedung, dan lain sebagainya. Peralatan merupakan suatu unsur yang dapat mendukung dalam mengembangkan organisasi.

E. Lingkungan
Keadaan lingkungan seperti sosial, ekonomi, teknologi dan budaya merupakan suatu unsur yang berkaitan dengan suatu organisasi, yang termasuk dalam unsur lingkungan antara lain :
  1. Kondisi : secara tidak langsung kondisi atau situasi secara lansung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kemampuan organisasi bergerak.
  2. Tempat : Tempat sangatlah mempengaruhi suatu organisasi dalam berkomunikasi dan melakukan aktifitas lainnya suatu tempat yan strategis sangatlah menguntungkan dari berbagai aspek.
  3. -  Wilayah operasi : Wilayah operasi juga dibedakan berdasarkan, kegiatan, jangkauan, personil, kewenangan (kekuasaan).
F. Kekayaan Alam
Kekayaan alam pula dapat mempengaruhi suatu organisasi dari unsur iklim, udara, air, cuaca, flora, fauna. Suatu organisasi yang dapat beradaptasi dan memanfatkan sumber kekayaan alam akan lebih berkembang dan kuat.

3. Teori Organisasi

Ada beberapa teori organisasi yang muncul pada abad ke 19 yaitu :
  • Teori klasik disebut tradisional yang secara umum dapat digambarkan organisasi yang tersentral, dan tugasnya terspesialis, dan mekanisme structural yang kurang kreatif, teori klasik sendiri berkembang menjadi 3 aliran yang dibangun atas dasar anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama yaitu, teory administrasi, manajemen, ilmiah.
  • Teori organisasi Neoklasik dapat diartikan sebagai teori hubungan manusia dan berkembang atas dasar teori klasik. Anggapan dari teori neoklasik sendiri adalah menekankan aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu dan kelompok kerja dengan tujuan bersama.
  • Teori organisasi Modern atau dapat disebut analis system merupakan yang terbesar dalam tiga teori organisasi, jika melihat pada teori ini semua unsur organisasi adalah satu kesatuan yang saling tergantung dan memperlihatkan bahwa organisasi merupakan suatu system yang terbuka dan berkaitan dengan lingkungan yang stabil


Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar