Jumat, 05 Oktober 2012

TEORI ORGANISASI UMUM 1 (SOFT SKILL)



ORGANISASI
Kata organisasi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Organon yang berarti alat. Dan ada beberapa ahli yg mengemukakan tentang organisasi, diantaranya :

Siangian mengatakan, “Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan mana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang lain yang disebut bawahan

Dessler mengatakan,” Organisasi dapat diartikan sebagai pengaturan sumber daya dalam suatu kegiatan kerja, dimana tiap-tiap kegiatan tersebut telah tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pada organisasi tersebut masing-masing personal yang terlibat di dalamnya diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab, yang dikoordinasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dimana tujuan organisasi tersebut dirumuskan secara musyawarah, sebagai tujuan bersama yang diwujudkan secara bersama-sama.

Sedangkan Stoner mengungkapkan bahwa “Organisasi dapat diartikan sebagai pengaturan sumber daya dalam suatu kegiatan kerja, dimana tiap-tiap kegiatan tersebut telah tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pada organisasi tersebut masing-masing personal yang terlibat di dalamnya diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab, yang dikoordinasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dimana tujuan organisasi tersebut dirumuskan secara musyawarah, sebagai tujuan bersama yang diwujudkan secara bersama-sama”.

Menurut saya pribadi, Organisasi, adalah sekumpulan orang yang disusun berkelompok-kelompok, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan cara menyatukan perbedaan pendapat antar individunya dan mempunyai struktur kerja yg tersusun rapih. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai wadah atau tempat berkumpul, bekerja sama antar individu dan tentunya memanfaatkan sumber daya  secara efisien untuk tercapainya tujuan organisasi itu tersebut.

MANAJEMEN

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. (Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan – 1985).

Istilah manajemen memiliki berbagai pengertian. Secara universal manajemen adl penggunaan sumberdaya organisasi utk mencapai sasaran dan kinerja yg tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit.
Definisi manajemen yg dikemukakan oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.

Plunket dkk.(2005:5) mendefinisikan manajemen sebagai “One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functions (planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating various resources (information materials money and people)”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).

Manajer sendiri menurut Plunket dkk.(2005:5) merupakan people who are allocate and oversee the use of resources jadi merupakan orang yg mengatur dan mengawasi penggunaan sumber daya. 

            Menurut saya pribadi, manajemen adalah ilmu yang mengajarkan tentang bagaimana mengatur pemakaian sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan cara merencanakan strategi apa yang akan digunakan, lalu mengorganisasi apa-apa saja sumber daya yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut, kemudian Actuating atau bisa juga disebut melaksanakan apa yang telah direncanakan, dan yang terakhir adalah Controling yaitu mengawasi apakah pekerjaan yang dikerjakan sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan dapat menghasilkan hasil yang memuaskan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

TATA KERJA

            Tata kerja adalah cara untuk bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan langkag-langkah yang mendukung agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

            Manajemen memang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Organisasi. Karena pada dasarnya, sebuah organisasi pasti sangat membutuh manajemen untuk mengatur bagaimana jalannya suatu organisasi tersebut. Singkatnya, Organisasi adalah sekumpulan orang yang begabung pada satu wadah, dibagi menjadi beberapa kelompok dan tentunya mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memajukan organisasinya. Bagaimana suatu organisasi bisa maju atau berkembang tanpa adanya Manajemen yang mengatur jalannya suatu organisasi? Jawabannya tidak bisa, Karena pasti untuk mencapai suatu tujuan diperlukan Manajemen. Disuatu organisasi manajemen berfungsi untuk merencakan suatu tujuan, menyusun dan mengelompokan apa-apa saja yang akan digunakan untuk menjalankan rencana tersebut, setelah direncakan barulah kelompok-kelompok tadi bekerja sesuai dengan pekerjaan atau Job Desk nya masing-masing, lalu agar pekerjaan yang dikerjakan bisa mencapai tujuan yang telah direncakan, dibutuhkan seorang Manajer untuk mengontrol jalannya pekerjaan tersebut. Maka dari itu, Organisasi tanpa adanya Manajemen pasti ibarat Bayi yang tak punya Ibu, hanya bisa diam dan tidak bisa berbuat apa-apa, sekalinya mengerjakan sesuatu pasti tidak akan mendapatkan penyelesaian yang baik.

MANAJEMAN DAN TATA KERJA.

            Mungkin sekilas kita berfikir bahwa manajeman saja sudah cukup untuk bisa mencapai tujuan kita masing-masing. Namun akan lebih baik jika kita juga melakukan tata kerja yang baik pula. Karena tata kerja disini bertujuan agar kita bisa lebih menghemat sumber daya dan lebih bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat menjalankan pekerjaan juga menjamin agar kita dapat mencapai tujuan dengan tepat waktu dan tepat sasaran.

MANAJEMAN ORGANISASI DAN TATA KERJA

            Kaitan antara Manajemen Organisasi dan Tata kerja adalah agar dapat tercapainya suatu tujuan dengan baik. Suatu organisasi pasti mempunyai tujuan bersama yg ingin dicapai demi kemajuan organisasinya. Cara pencapaiannya adalah dengan melakukan suatu manajemen yg baik dan tata kerja yang teratur. Dimulai dari menyatukan tujuan antar anggota organisasi, perencanaan strategi-strategi apa saja yang akan dipilih, pengorganisasian atau menyusun sumber daya apa saja yang akan dipakai, mengerjakan apa-apa saja yang telah disusun dan direncanakan dengan baik, dan juga harus mempunya seorang pengawas yang bertugas untuk mengontrol pekerjaan kita masing-masing. Apakah pekerjaan kita sudah benar dan dapat mencapai tujuan tepat waktu dan tepat sasaran atau malah simpang siur tidak karuan.

Apa perlunya kita mempelajari Teori Organisasi Umum?

            Menurut saya pribadi,  sebagai mahasiswa kita sangat perlu mempelajari ini. Karena dikehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari apa yang namanya Organisasi, entah itu Organisasi dikeluarga atau dikampus. Kita juga belajar tentang Manajemen dan Tata kerja, yang mana sangat penting untuk mencapai tujuan kita di masa sekarang dan masa depan. Contohnya saja, setelah lulus dari Universitas Gunadarma saya ingin bekerja dan setelah bekerja selama 4 tahun saya ingin membuka usaha sendiri. Nah, sebelum itu saya perlu tahu bagaimana cara menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan saya itu. 


Referensi : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar