ORGANISASI
Kata
organisasi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Organon yang berarti
alat. Dan ada beberapa ahli yg mengemukakan tentang organisasi, diantaranya :
Siangian
mengatakan, “Organisasi adalah
setiap bentuk perserikatan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk
tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan mana selalu terdapat
hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang
atau sekelompok orang lain yang disebut bawahan”
Dessler
mengatakan,” Organisasi dapat
diartikan sebagai pengaturan sumber daya dalam suatu kegiatan kerja, dimana
tiap-tiap kegiatan tersebut telah tersusun secara sistematis untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan. Pada organisasi tersebut masing-masing personal
yang terlibat di dalamnya diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab, yang
dikoordinasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dimana tujuan organisasi
tersebut dirumuskan secara musyawarah, sebagai tujuan bersama yang diwujudkan
secara bersama-sama”.
Sedangkan
Stoner mengungkapkan bahwa “Organisasi dapat
diartikan sebagai pengaturan sumber daya dalam suatu kegiatan kerja, dimana
tiap-tiap kegiatan tersebut telah tersusun secara sistematis untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan. Pada organisasi tersebut masing-masing personal
yang terlibat di dalamnya diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab, yang
dikoordinasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dimana tujuan organisasi
tersebut dirumuskan secara musyawarah, sebagai tujuan bersama yang diwujudkan
secara bersama-sama”.
Menurut
saya pribadi, Organisasi, adalah sekumpulan orang yang disusun
berkelompok-kelompok, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan
cara menyatukan perbedaan pendapat antar individunya dan mempunyai struktur
kerja yg tersusun rapih. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai wadah atau
tempat berkumpul, bekerja sama antar individu dan tentunya memanfaatkan sumber
daya secara efisien untuk tercapainya
tujuan organisasi itu tersebut.
MANAJEMEN
Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan
tertentu. (Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan – 1985).
Istilah manajemen memiliki berbagai pengertian. Secara universal
manajemen adl penggunaan sumberdaya organisasi utk mencapai sasaran dan kinerja
yg tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit.
Definisi manajemen yg dikemukakan oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.
Definisi manajemen yg dikemukakan oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.
Plunket
dkk.(2005:5) mendefinisikan manajemen sebagai “One or more managers
individually and collectively setting and achieving goals by exercising related
functions (planning organizing staffing leading and controlling)
and coordinating various resources (information materials money and
people)”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen
merupakan satu atau lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun
dan mencapai tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf
pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya
(informasi material uang dan orang).
Manajer
sendiri menurut Plunket
dkk.(2005:5) merupakan people who are allocate and oversee the use of
resources jadi merupakan orang yg mengatur dan mengawasi penggunaan sumber
daya.
Menurut
saya pribadi, manajemen adalah ilmu yang mengajarkan tentang bagaimana mengatur
pemakaian sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan cara merencanakan
strategi apa yang akan digunakan, lalu mengorganisasi apa-apa saja sumber daya
yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut, kemudian Actuating atau bisa
juga disebut melaksanakan apa yang telah direncanakan, dan yang terakhir adalah
Controling yaitu mengawasi apakah pekerjaan yang dikerjakan sudah sesuai dengan
apa yang telah direncanakan dan dapat menghasilkan hasil yang memuaskan sesuai
dengan tujuan yang telah ditentukan.
TATA KERJA
Tata
kerja adalah cara untuk bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan
langkag-langkah yang mendukung agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen
memang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Organisasi. Karena pada
dasarnya, sebuah organisasi pasti sangat membutuh manajemen untuk mengatur
bagaimana jalannya suatu organisasi tersebut. Singkatnya, Organisasi adalah
sekumpulan orang yang begabung pada satu wadah, dibagi menjadi beberapa
kelompok dan tentunya mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memajukan
organisasinya. Bagaimana suatu organisasi bisa maju atau berkembang tanpa
adanya Manajemen yang mengatur jalannya suatu organisasi? Jawabannya tidak
bisa, Karena pasti untuk mencapai suatu tujuan diperlukan Manajemen. Disuatu
organisasi manajemen berfungsi untuk merencakan suatu tujuan, menyusun dan
mengelompokan apa-apa saja yang akan digunakan untuk menjalankan rencana
tersebut, setelah direncakan barulah kelompok-kelompok tadi bekerja sesuai
dengan pekerjaan atau Job Desk nya masing-masing, lalu agar pekerjaan yang
dikerjakan bisa mencapai tujuan yang telah direncakan, dibutuhkan seorang
Manajer untuk mengontrol jalannya pekerjaan tersebut. Maka dari itu, Organisasi
tanpa adanya Manajemen pasti ibarat Bayi yang tak punya Ibu, hanya bisa diam
dan tidak bisa berbuat apa-apa, sekalinya mengerjakan sesuatu pasti tidak akan
mendapatkan penyelesaian yang baik.
MANAJEMAN DAN TATA KERJA.
Mungkin
sekilas kita berfikir bahwa manajeman saja sudah cukup untuk bisa mencapai
tujuan kita masing-masing. Namun akan lebih baik jika kita juga melakukan tata
kerja yang baik pula. Karena tata kerja disini bertujuan agar kita bisa lebih
menghemat sumber daya dan lebih bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang
terjadi pada saat menjalankan pekerjaan juga menjamin agar kita dapat mencapai
tujuan dengan tepat waktu dan tepat sasaran.
MANAJEMAN ORGANISASI DAN TATA KERJA
Kaitan
antara Manajemen Organisasi dan Tata kerja adalah agar dapat tercapainya suatu
tujuan dengan baik. Suatu organisasi pasti mempunyai tujuan bersama yg ingin
dicapai demi kemajuan organisasinya. Cara pencapaiannya adalah dengan melakukan
suatu manajemen yg baik dan tata kerja yang teratur. Dimulai dari menyatukan
tujuan antar anggota organisasi, perencanaan strategi-strategi apa saja yang
akan dipilih, pengorganisasian atau menyusun sumber daya apa saja yang akan
dipakai, mengerjakan apa-apa saja yang telah disusun dan direncanakan dengan
baik, dan juga harus mempunya seorang pengawas yang bertugas untuk mengontrol
pekerjaan kita masing-masing. Apakah pekerjaan kita sudah benar dan dapat
mencapai tujuan tepat waktu dan tepat sasaran atau malah simpang siur tidak
karuan.
Apa perlunya kita mempelajari Teori
Organisasi Umum?
Menurut
saya pribadi, sebagai mahasiswa kita
sangat perlu mempelajari ini. Karena dikehidupan sehari-hari kita tidak
terlepas dari apa yang namanya Organisasi, entah itu Organisasi dikeluarga atau
dikampus. Kita juga belajar tentang Manajemen dan Tata kerja, yang mana sangat
penting untuk mencapai tujuan kita di masa sekarang dan masa depan. Contohnya
saja, setelah lulus dari Universitas Gunadarma saya ingin bekerja dan setelah
bekerja selama 4 tahun saya ingin membuka usaha sendiri. Nah, sebelum itu saya
perlu tahu bagaimana cara menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan saya
itu.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar